Reed

Taukah Anda Apa Itu Karakteristik Belajar

0
Posted in Uncategorized By Bliguld

Setiap perilaku belajar seseorang selalu ditandai oleh ciri-ciri perubahan yang cukup spesifik. Setiap manusia memiliki karakteristik belajarnya masing-masing.  Menurut Surya (1982) karakteristik belajar disebut juga sebagai prinsip-prinsip belajar, diantara ciri-ciri perubahan yang terdapat dalam karakteristik belajar ada tiga ciri penting yakni perubahan itu intensional, perubahan yang bersifat positif dan aktif, dan perubahan yang efektif serta fungsional.

Baca Juga : Sistem Pengembangan SDM

Karakteristik belajar

Seperti yang dikatakan di atas karakter belajar akan membawa beberapa jenis perubahan yakni:

  • Perubahan interaksional

Perubahan yang terjadi saat proses pembelajaran anne-marie dialami berkat pengalaman atau praktek yang dilakukan dengan sengaja atau dapat juga dikatakan bukan kebetulan.  Karakter perubahan intensional adalah bahwa para siswa menyadari akan adanya perubahan yang dialami. Para siswa yang orang tuanya akan merasakan adanya perubahan pada dirinya seperti penambahan pengetahuan, kebiasaan berperilaku, sikap dan pandangan yang berbeda akan suatu hal, penambahan keterampilan dan lain-lain.

  • Perubahan positif dan aktif

Perubahan yang terjadi saat proses pembelajaran dapat bersifat positif dan negatif, perubahan bersifat positif artinya perubahan ini baik untuk individu yang menyangkut martabat serta sesuai dengan apa yang diharapkan. Ini artinya juga Perubahan tersebut senantiasa merupakan penambahan apabila dikatakan juga memperoleh hal baru yang akan berdampak baik bagi individu. Perubahan terjadi dengan sendirinya karena proses kematangan yang dilakukan oleh individu itu sendiri.

  • Perubahan efektif dan fungsional

Perubahan efektif yang ditimbulkan karena proses belajar yang efektif yang artinya proses belajar tersebut membawa perubahan ke ke arah yang lebih bermanfaat bagi para siswa. Perubahan dalam proses belajar bersifat fungsional yang artinya bahwa para siswa relatif menetap pada saat ia dibutuhkan. Perubahan fungsional ini dapat diproduksi serta dimanfaatkan oleh para siswa itu sendiri, perubahan emosional diharapkan dapat memberikan manfaat yang luas ketika nantinya para siswa menempuh ujian serta dapat menyelesaikan dirinya dalam kehidupan sehari-hari, perubahan fungsional ini biasanya memiliki sifat dinamis yang akan mendorong perubahan positif jenis lainya.

Adapun setiap anak memiliki karakter belajar yang berbeda beda untuk dapat menyerap dengan baik pembelajaran, karakter belajar ini biasanya disebut dengan metode belajar efektif dimana dengan meggunakan metode tersebut anak akan menangkap materi dengan baik. Metode ini ada tiga jenis yakni yang pertama adalah visual dimana anak akan dapat belajar dengan baik dengan cara melihat secara langsung apa yang diajarkan. Yang kedua adalah auditory dimana anak akan belajar dengan baik bila dapat mendengarkan pembelajaran denga baik, yang ketiga adalah kinestetik, tipe belajar ini adalah type belajar dimana anak harus mempraktekan apa yang ia pelajari agar dapat memahami pembelajaran dengan baik. Demikian karakteristik belajar semoga info ini bermanfaat.