Reed

Jenis Benang Jahit Berkualitas Untuk Usaha Konveksi Bordir Semarang

0
Posted in Uncategorized By Bliguld

Bordir merupakan salah satu teknik menjahit yang digunakan untuk berbagai jenis model pakaian. Mulai dari pembuatan nama, logo, hingga hiasan pakaian semuanya menggunakan bordir. Selain itu, bordir juga memerlukan mesin khusus yang berbeda dari mesin jahit biasanya. Bordir yang bagus memiliki ciri – ciri jahitan yang rapi, rapat, dan juga tebal. Hasil yang bagus tentunya juga dipengaruhi oleh bahan baku pembentuknya. Dapat anda ketahui sendiri bahwa bahan baku dari pembuatan bordir ini adalah benang. Benang yang digunakan untuk bordir sendiri berbeda dari benang yang biasanya digunakan untuk produksi pakaian. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai jenis benang jahit yang berkualitas untuk usaha konveksi bordir Semarang. Simaklah penjelasannya berikut ini.

Jenis Benang Jahit Berkualitas Untuk Usaha Konveksi Bordir Semarang

benang konveksi bordir semarang

Saat ini anda dapat dengan mudah menemukan berbagai macam jenis benang jahit yang dapat digunakan untuk usaha konveksi bordir. Pada dasarnya semua jenis tersebut merupakan jenis yang bagus sesuai dengan standarnya masing – masing. Tetapi, untuk menghasilkan hasil produk yang berkualitas, anda juga perlu memilih jenis benang jahit yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan anda. Berikut ini rekomendasi benang jahit yang dapat anda gunakan untuk usaha konveksi bordir anda :

1.Benang Rayon

Benang Rayon merupakan jenis benang yang paling banyak digunakan oleh para pelaku usaha fashion karena konsistensi dan juga kekuatannya. Anda tidak perlu mengkhawatirkan kualitasnya saat digunakan pada mesin dengan kecepatan tinggi. Selain itu, benang ini memiliki pilihan warna yang beraneka ragam dan mengkilap. Dengan menggunakan benang rayon, pengerjaan proyek bordir apapun dijamin tidak akan salah. Alasan lain benang ini banyak digunakan adalah harganya yang lebih murah dibandingkan dengan jenis benang lainnya.

2.Benang Katun

Benang Katun jarang menjadi pilihan untuk membordir, walaupun begitu jenis benang yang satu ini memiliki kilap yang sangat halus. Anda dapat menggunakan benang dengan jenis ini selama proyek bordiran yang akan dilakukan tersebut berkisar dengan berat 30 – 50 wt, apabila kurang dari berat tersebut, benang akan mudah putus atau patah. Benang katun juga cocok bagi para pemula atau amatir yang baru saja ingin mencoba membordir.

3.Benang Polyester

Benang Polyester merupakan jenis benang ekonomis yang memiliki kualitas terbaik namun dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Walaupun kilapnya tidak seindah kilap rayon, warna benang polyester dapat bertahan lebih lama. Polyester dapat menjadi pilihan yang tepat untuk benda yang akan sering dicuci seperti seragam sekolah atau kantor, baju anak – anak, dan benda – benda lainnya.

4.Benang Metalik

Jenis benang yang satu ini akan sedikit sulit untuk dikerjakan. Hal ini karena benang ini terbuat dari inti benang tipis yang kemudian dibungkus oleh garis – garis foil metal yang berwarna perak. Maka dari itu, anda perlu berhati – hati dalam mengatur kecepatan mesin untuk memastikan benang tersebut tetap utuh selama proses pengerjaan sedang berlangsung. Benang metalik biasanya digunakan untuk desain bordir khusus atau tertentu. Untuk menggunakan benang jenis ini anda perlu mengeluarkan biaya yang lebih besar dibandingkan dengan benang – benang jenis sebelumnya.

5.Benang Sutera

Jenis benang terakhir adalah Benang Sutera. Dilihat dari namanya tentunya anda sudah dapat mengetahui sendiri bahwa benang ini merupakan benang paling eksklusif dibandingkan dengan benang – benang yang lainnya. Dari segi kualitas, sutera memiliki kualitas terbaik dengan kilap dan warna – warnanya yang sangat cantik. Selain itu, benang sutera juga lebih kuat, halus, stabil, sehingga dapat dengan mudah melewati mesin bordir tanpa putus atau patah. Walaupun harganya cukup mahal, tetapi ini sangat setimpal dengan kualitas bordiran yang akan anda dapatkan.

Itulah beberapa jenis benang yang dapat anda pilih untuk usaha konveksi bordir Semarang anda. Dalam memilih benang yang akan anda gunakan untuk usaha konveksi anda, anda perlu menyesuaikannya sesuai dengan budget yang anda miliki dan juga kebutuhan anda. Dengan begitu anda tidak akan mengalami kesulitan mengenai biaya dan dapat menghasilkan produk yang sesuai dengan keinginan anda.