Reed

Mau lanjut kuliah ? Ini tips agar tepat memilih jurusan

0
Posted in showbiz By Bliguld

Bagi Anda yang berencana untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, Anda harus mempersiapkan kampus dan departemen apa yang akan dipilih nanti. Nah nanti jika seandainya sudah dapet tuh tempat kuliah nya . mempersiapkan diri dari jauh hari dengan ikut Bimbel masuk UTBK SIMAK KKI PTN UI terbaik , bisa menjadi pilihan terbaik.

Tetapi ada beberapa siswa yang sering mengalami hambatan ketika mereka akan memutuskan untuk memilih kampus dan jurusan di perguruan tinggi karena beberapa dari mereka tidak tahu dengan jelas bakat dan kepentingan mereka sendiri.

Lebih buruk lagi, ada beberapa siswa yang memilih kampus dan sarjana hanya karena mereka ingin bergabung dengan teman atau paksaan dari orang tua mereka.

Anda perlu tahu bahwa pemilihan kampus dan departemen kuliah yang tidak cocok dengan bakat, minat, kepribadian dan potensi dapat menyebabkan masalah, terutama dalam proses studi dan kehidupan karier di masa depan. Untuk alasan ini, pastikan Anda lebih berhati-hati dalam memilih kampus dan jurusan di perguruan tinggi.

Ini akibatnya jika sampai salah pilih kuliah dan jurusan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa salah memilih kampus dan jurusan kuliah bisa berdampak pada kehidupan di dunia perkuliahan maupun karir. Secara lebih jelasnya berikut dampak dari kesalahan memilih kampus maupun jurusan kuliah yang perlu Anda ketahui.

1. Masalah Psikologis 

Ketika Anda mempelajari sesuatu yang tidak sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan maka akan membuat kegiatan yang Anda Lakukan menjadi tidak menyenangkan. Terlebih jika hal tersebut dikerjakan karena keterpaksaan maka akan semakin menjadi sebuah beban. Saat Anda belajar karena keterpaksaan maka hal tersebut akan sulit dicerna oleh otak karena otak telah terbloking oleh emosi, marah, kesal, dan sedih. Dengan demikian efektivitas kerja otak akan terblokir serta menghambat motivasi. Memilih kampus maupun jurusan kuliah yang tidak sesuai minat maka akan memberikan dampak psikologis berupaya menurunnya konsentrasi, daya tahan pada tekanan serta daya jurang. 

2. Masalah Akademis 

Jika Anda salah memilih kampus dan jurusan di perguruan tinggi maka akan memunculkan masalah akademis seperti prestasi yang tidak optimal, sulit memahami materi, sering mengulang mata kuliah hingga nilai indeks prestasi yang cenderung rendah. Selain itu, motivasi belajar maupun tingkat kehadiran juga akan semakin menurun karena kurangnya minat mengikuti perkuliahan.

3. Masalah Relational 

Saat seseorang salah memilih kampus dan jurusan kuliah, biasanya ia akan merasa tidak percaya diri dan tidak nyaman. Sehingga ia akan merasa tidak bisa menguasai materi perkuliahan dan muncul rasa minder. Lama kelamaan seseorang akan mulai menjaga jarak dengan rekan satu kelasnya dan menjadi cenderung pendiam. Bahkan bisa juga seseorang menjadi berperilaku agresif sebagai bentuk kompensasi atau inferioritasnya. 

Tips Memilih Kampus dan Jurusan Kuliah 

Memilih kampus dan jurusan kuliah yang tepat adalah salah satu proses awal dari karir seseorang. Selain itu, memilih kampus atau jurusan kuliah yang tidak sesuai maka akan menghambat kesuksesan di masa depan. Supaya Anda tidak salah dalam memilih kampus dan jurusan maka berikut beberapa tips yang perlu Anda perhatikan.

1. Mengenali Minat dan Bakat 

Tips memilih kampus dan jurusan kuliah yang pertama yaitu dengan mengenali bakat dan minat. Sebab setiap orang memiliki keunikan tersendiri dan berbeda dari orang lain. Untuk itulah saat memilih kampus maupun jurusan kuliah sebaiknya tetap memperhatikan bakat dan minat. Ketika Anda memilih kampus dan jurusan sesuai dengan bakat maupun minat maka akan muncul ketertarikan serta rasa suka yang memicu adanya motivasi untuk terus mengembangkan diri.

2. Tentukan Memilih Program Diploma atau S1

Bagi Anda yang ingin cepat berkarir setelah lulus kuliah serta tidak ingin terlalu lama berkuliah maka sebaiknya pilih jalur diploma. Dimana jalur ini memiliki keunggulan yaitu siap memasuki dunia kerja dalam waktu singkat. Akan tetapi untuk Anda yang menyukai bidang keuangan, akuntansi maupun applied technology maka sebaiknya pilih jalur Diploma 3 Komputerisasi Akuntansi. Begitu juga dengan bidang lain, sebaiknya Anda tentukan berdasarkan pemikiran yang matang.

3. Menentukan Lokasi Kuliah dan Biayanya 

Memilih kampus dan jurusan kuliah sebaiknya juga memperhatikan lokasi. Pastikan memilih lokasi kampus yang mudah diakses, sarana transportasi yang memadai serta tersedia indekos yang nyaman. Selain itu, pertimbangkan juga biaya kuliah yang harus dibayar. Bila Anda memiliki dana terbatas sebaiknya pilih kampus yang lokasinya dekat dengan tempat tinggal. Namun saat Anda memilih kuliah di luar kota, pastikan biaya hidup maupun biaya kuliahnya terjangkau. Apabila Anda masih juga terkendala masalah biaya, sebaiknya carilah informasi beasiswa, keringanan biaya kuliah atau mencari pekerjaan sampingan di luar jam kuliah.

4. Mengenali Kampus dan Jurusannya 

Untuk mengenali lebih jauh sebuah kampus maka Anda perlu mengunjungi website kampus tersebut. Kemudian cari tahu visi dan misinya, jurusan yang ditawarkan, dan kualitas dosen. Carilah informasi sebanyak mungkin karena nantinya informasi tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan Anda dalam memilih kampus dan jurusan kuliah yang tepat. Selain itu, untuk Anda yang sudah mengenali bakat maupun minat diri sendiri maka silahkan pelajari jurusan apa saja yang mengarah pada bidang pekerjaan yang sesuai minat dan bakat Anda. Saat Anda memilih jurusan secara tepat maka akan menjadi langkah awal yang baik dalam meraih cita-cita.

5. Karir dan Pekerjaan 

Saat memilih kampus dan jurusan kuliah sebaiknya pertimbangkan secara matang masa depan karir serta pekerjaan sesudah lulus kuliah nantinya. Pilihlah kampus yang sudah terbukti mampu menciptakan lulusan siap kerja serta mempunyai jaringan kerjasama yang banyak dengan industri. Dengan demikian akan memudahkan para lulusannya dalam mencari pekerjaan. Namun akan lebih bagus lagi jika sebuah kampus mempunyai wadah pengembangan karir yang bertujuan membantu penyaluran lulusan agar bekerja di industri sesuai jurusannya.

6. Cek Jajaran Alumninya 

Perlu Anda ketahui bahwa alumni merupakan produk nyata yang dihasilkan oleh sebuah kampus. Sebagai bahan pertimbangan dalam memilih kampus maupun jurusan maka Anda bisa mengecek profil para alumni. Dengan begitu Anda bisa menilai kualitas sebuah kampus. Terlebih dengan semakin banyak alumni yang berhasil menduduki posisi penting atau dapat menggerakkan perekonomian di Indonesia maka akan menambah kredibilitas sebuah kampus.

7. Mengikuti Campus Visit 

Sesudah Anda berhasil menentukan pilihan kampus dan jurusan sesuai bakat serta minat, berikutnya Anda perlu mengikuti kegiatan campus visit di kampus yang Anda pilih. Melalui kegiatan campus visit tersebut Anda bisa melihat lingkungan kampus secara langsung. Bahkan Anda juga bisa berkonsultasi secara langsung dengan para dosen, memperoleh gambaran perkuliahan dari para mahasiswa, hingga penjelasan lebih lengkap seputar jurusan yang Anda pilih. Tentu melalui campus visit ini Anda akan semakin yakin untuk memilih kampus dan jurusan yang tepat.