Reed

Ini Dia Olahan Daging Sapi Giling Sederhana

0
Posted in Uncategorized By Bliguld

Daging sapi giling atau cincang ini bisa diolah menjadi berbagai olahan daging sapi giling sederhana yang enak dan bergizi. Ada daging giling tanpa lemak dan ada juga yang rendah lemak. Anda dapat menyajikan daging giling sapi dalam hidangan yang basah atau kering, digoreng, direbus, dipanggang, diasinkan, dan diasapi. Daging sapi giling dapat dibeli atau dibuat sendiri dengan choper dan mesin daging giling bakso.

Sebagian orang menyebut olahan daging giling dengan daging cincang, pada dasarnya itu sama saja. Yang pasti olahan daging giling ini menjadi andalan para ibu rumah tangga.

Pengertian Daging Sapi

olahan daging giling sapi

Daging sapi adalah daging yang diperoleh dari sapi yang biasa dan umum digunakan untuk keperluan konsumsi makanan. Di setiap daerah, penggunaan daging sapi berbeda-beda tergantung cara pengolahannya. Misalnya iga dan T-bone sangat banyak digunakan sebagai bahan pembuatan steak di Eropa dan Amerika Serikat, sehingga bagian dari daging sapi ini banyak diperdagangkan.

Akan tetapi seperti di Indonesia dan di berbagai negara Asia lainnya daging ini banyak digunakan untuk makanan berbumbu dan bersantan seperti sup konro dan rendang. Selain itu ada beberapa bagian daging sapi lain seperti lidah, hati, hidung, jeroan dan buntut hanya digunakan di berbagai negara tertentu sebagai bahan dasar makanan

Jenis Sapi Potong

1. Limousin

Awalnya, sapi limousin dikembangkan di Prancis. Habitat asli sapi limousin adalah kawasan dengan cuaca dingin dan jarang ditumbuhi hijauan atau rumput. Kondisi ini menyebabkan sedan memiliki sistem imun yang kuat.

Saat ini limusin menjadi andalan ternak bagi para peternak karena kualitas dagingnya yang tinggi. Berat maksimalnya mencapai 1,2 ton. Ciri-cirinya antara lain kulit coklat tua, kaki putih, dan badan yang panjang.

2. Simmental

Asalnya dari Lembah Simme, Oberland Berner, Swiss. Sapi ini memiliki karakteristik fisik berwarna kuning keemasan hingga cokelat. Bagian wajah, ekor, dan lututnya didominasi putih. Potensi bobotnya antara 600 kg sampai 1,7 ton.

3. Brahman

Sapi brahman merupakan ternak asli India dengan ciri khas punuk besar di atas bahu. Di bagian bawah leher terdapat gelambir yang melebar sampai ke perut, tanpa tanduk, dan berwarna merah atau hitam. Sapi brahman dewasa berbobot 1,1 ton dengan persentase karkas 45-50%.

4. Peranakan Ongole

Peranakan ongole berasal dari persilangan sapi jawa dan ongole. Ukuran tubuhnya lebih kecil daripada sapi ongole, didominasi warna putih, berpunuk, dan bergelambir. Bobot tubuhnya hanya mencapai 350 kg.

5. Sapi Bali

Sapi bali tergolong unik karena bagian pantatnya dan lutut hingga tungkai dipenuhi warna putih. Tubuhnya pendek denga bobot maksimal 400 kg. Mulanya, sapi ini berwarna merah keemasan, lalu yang jantan berubah hitam saat mencapai usia dewasa.

Cara Memilih Daging Segar

1. Perhatikan Warna Daging

Hal yang paling mudah dilakukan adalah memperhatikan warna daging. Daging sapi yang baru saja dipotong berwarna merah ceri yang berasal dari protein myoglobin. Akan tetapi jika daging sudah terpapar dengan oksigen daging akan sapi akan berubah warna menjadi merah keungu-unguan, waalaupun begitu kualitasnya masih baik.

2. Aroma Daging

Cara yang selanjutnya adalah mencium aroma yang dihasilkan olah daging sapi. Daging yang segar akan mengeluarkan aroma seperti besi yang tidak terlalu menyengat, sementara daging yang sudah mulai membusuk akan mengeluarkan aroma amis yang menyengat

3. Cek Teksturnya

Jika ingin membeli daging giling, coba tekan lembut pada permukaannya lalu rasakan teksturnya. Ciri-ciri daging sapi yang segar adalah terdapat sensasi dingin, lembut, dan agak kesat ketika tersentuh dengan kulit kita

4. Cek Tanggal Produksi

Tahap yang tak kalah penting adalah mengecek tanggal produksi daging sapi.Perhatikan tanggal pemotongan daging sapi dan batas konsumsinya yang tercantum pada label kemasan.

5. Hindari Membeli Daging Beku

Hindari memilih daging beku. Mungkin daging beku masih bagus tetapi kesegarannya tentu sudah berkurang dan tidak baik jika kita olah dan kita konsumsi. Apabila terpaksa membeli daging sapi beku maka pilihlah daging yang tidak memiliki bunga es karena ini menandakan bahwa daging yang terdapat bunga es tentunya sudah lama dan tidak segar.

Resep Daging Giling Sapi Tumis Pete

Bagi yang suka sama pete mungkin resep ini cocok

Bahan-bahan :

  • 6 papan pete, kupas, cuci bersih
  • 500 gram daging giling sapi
  • 6 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang sereh, memarkan
  • 5 lembar daun jeruk
  • 10 cabe merah keriting
  • 20 cabe rawit merah
  • Daun kemangi secukupnya
  • Minyak
  • Sedikit kaldu sisa rebusan daging sapi

Cara Memasak Daging Giling Tumis Pete :

  1. Tumbuklah bawang merah, bawang putih, daun jeruk,
  2. Setelah itu haluskan cabe merah keriting dan cabe rawit merah, lalu pisahkan
  3. Kemudian tumis ulekan bawang sampai harum, lalu masukkan lengkuas, daun salam dan sereh
  4. Lalu masukkan cabe yang sudah halus, daging, serta tambahkan garam dan gula secukupnya
  5. Terus aduk-aduk sampai merata
  6. Selanjutnya masukkan pete, daun kemangi serta tambahkan sedikit air kaldu sisa rebusan daging sampai daging tercampur bumbu dengan merata
  7. Jika air kaldu sudah meresap, tumisan daging kering dan cicipi rasanya
  8. Sajikan gaging giling sapi tumis pete

Gimana ?, mudahkan cara membuat olahan daging giling sapi sederhana nya. Selain mudah mengolahnya dengan memasaknya dirumah semua bahan bahan sudah terjamin kehigienisannya dan yang pasti lezat rasanya. Selamat mencoba.