Reed

Fungsi Sabut Kelapa Untuk Tanaman

0
Posted in Uncategorized By Bliguld

Apa kabar teman-teman berjumpa lagi dengan aku yang akan menjelaskan tentang artikel yang berjudul fungsi sabut kelapa untuk tanaman kangkung.

Fungsi sabut kelapa untuk tanaman, kangkung merupakan jenis tumbuhan yang termasuk jenis sayur-sayuran dan ditanam sebagai makanan. Kangkung banyak kita jumpai di pasar-pasar. Kangkung banyak terdapat di daerah Asia dan merupakan tumbuhan yang dapat kita jumpai hampir di mana-mana terutama di kawasan berair.

Cara menanam kangkung

Alat dan Bahan

  1. Netpot
  2. Sabut kelapa yang sudah diolah menjadi Cocopeat oleh mesin pengolah sabut kelapa
  3. Bibit kangkung
  4. Busa
  5. Polingbag
  6. pH meter
  7. Instalasi Nft

Cara Penanaman

Setelah kita sudah sediakan alat dan bahan pada penanaman kangkung secara media hidroponik selanjutnya kita mempelajari tehnik penanaman, agar benih tanaman kangkung kita dapat segera dikerjakan.

Tentu kita pasti sudah gak sabar untuk memprlajari fungsi sabut kelapa untuk media tanaman kangkung ini. Sebelum kita lanjut scroll membaca aku harap kalian sudah memahami apa yang di persiapkan.

Langkah langkah Penanaman Kangkung Hidroponik:

Kita perlu untuk menyediakan cocopeat atau sabuk kelapa dan juga bibit kangkung kemasan lalu bibit tersebut kita rendam dengan air panas atau suam suam kukuh fungsinya apa? agar bibit kangkung yang kita tanam cepat bertumbuh atau sprout lalu keringkan secara langsung dibawah paparan terik sinar matahari.

Lalu kita taburkan atau letakkan cocopet di wadah polingbag yang sudah kita siapkan dengan menggunakan nampan kurang lebih hingga tingginya sekitar 1 cm di dalam wadah polingbag.

Basahi dulu cocopeat menggunakan air bersih baku dengan memakai air galon kemudian isi ulang karena air isi ulang mempunyai tingkat PH yang begitu bagus, lalu kita dapat untuk taburkan bibit Kangkung yang sudah kita rendam tadi ke atas cocopeat yang sudah dibasahi dengan air.

Proses Sprout Kangkung:

Untuk kita mempercepat proses sprout, apabila setelah kita merendam bibit kangkung tersebut selama beberapa jam atau sekitar 1 jam sudah cukup, biasanya kita juga merendam biji bibit kangkung itu sebentar saja hanya untuk memilih apakah benih ada yang mengambang atau tidak, yang tidak mengambang kita dapat untuk ambil sebagai benih untuk kita tanam.

Setelah itu semua benih kangkung kita yang telah kita pilih tadi kita taburkan diatas cocopeat lalu tutup bibit kangkung tersebut di tutup atau di lapisi lagi dengan cocopeat.

Caranya dengan kita taburkan secara tipis di atas bibit kangkung agar bibit kangkung tertutup secara baik.Semprotkan sedikit air untuk membasahi tanaman kangkung ini basahi secara merata namun air tidak sampai menggenang. Tanaman kangkung kita tutup menggunakan plastik hitam selama 1 malam Kemudian keesokan harinya kita bisa langsung menjemur di bawah sinar matahari agar proses sproutnya cepat dan tidak kutilang.

Usia kangkung usia 3 HSS sudah begitu banyak yang keluar daun ini kita dapat sirami setiap pagi Sebelum kita jemur di bawah sinar matahari.Usia semai kangkung 6 HSS sudah dapat merata pertumbuhannya cara penyiramannya cukup mudah loh teman-teman kita dapat semprotkan dengan spray halus agar tidak merusak tanaman.

kangkung ini instalasi hidroponik sistem yang akan kita gunakan untuk menanam kangkung yang sudah kita tanam .

Teman-teman yang belum tahu cara pembuatan instalasi hidroponik kangkung 7 HSS Saatnya untuk pindah tanam kangkung ini akan kita pindahkan dapat menggunakan media tanam busa dan filter aquarium yang sudah kita potong kecil-kecil .

Netpot yang kita gunakan sebaiknya yang berukuran 5 cm dengan lubang tanam di paralon 4,4 cm cara pindah tanamnya cukup Mudah kita dapat untuk cabut tanaman kangkung dari cocopeat.

Pelan-pelan agar kita tidak merusak batang dan akarnya kemudian bersihkan cocopeat yang menempel di akar jika dicelupkan ke air baru kita masukkan ke dalam netpot .

Memakai busa atau filter aquarium satu netpot kita isi 5 sampai 8 batang kangkung saat memasukkan tanaman Kangkung ke dalam netpot pastikan akar menembus ke bawah netpot agar bisa menyentuh air yang nutrisi secara langsung.

Setelah itu kita masukkan netpot ke lubang instalasi hidroponik selanjutnya kita lakukan hal yang sama hasil semai kangkung ke tempat lain kita dapat lakukan secara perlahan agar kangkung tidak rusak.

Kita juga bisa mencabut dulu semua tanaman kangkung dan diletakkan di wadah yang berisi air terlebih dulu setelah semuanya kangkung tercabut dari wadah polingbag tanaman baru dimasukkan ke dalam netpot penggunaan busa di sini bertujuan untuk menyangga dari batang kangkung supaya bisa berdiri lebih tegak dan tidak mudah roboh.

Untuk perkembangan tanaman kangkung semakin hari akan semakin tinggi batangnya dan daunnya akan semakin lebat.

Untuk kepekatan nutrisi setelah satu minggu kita naikkan menjadi kurang lebih 800ppm kepekatan air nutrisi ini sebaiknya dipertahankan diangka kurang lebih 800ppm sampai panen kepekatan ini menyesuaikan nutrisi sehingga jika kita ada lobang tanam yang masih kosong dan di tambahkan dengan tanaman sayur lainnya.
Tidak akan mengganggu perkembangan dari tanaman lain.

Tahap Panen Kangkung

Tahap panan kangkung pada 15 hari setelah penanaman, jika kita dapat manfaatkan sisa lobang dengan menanam sayur salada dan lainnya maka air nutrisi tidak sia sia dan masih bisa menjadi nutrisi untuk tanaman lain, usia kangkung 15 HST dengan cara panen bisa kita lakukan dengan memotong batangnya atau diambil beserta akarnya.

Demikianlah penjelasan yang dapat aku sampaikan mengenai artikel yang berjudul fungsi sabut kelapa untuk tanaman kangkung bila masih ada salah kata aku mohon maaf ,semoga bermanfaat dan selamat mencoba.