Reed

Olahan Daging Kambing Kecap Yang Mudah Dibuat

0
Posted in Uncategorized By Bliguld

Olahan daging kambing kecap adalah resep yang bisa dibilang paling banyak dijadikan olahan seperti sate sampai gulai. Daging kambing yang digunakan biasa di potong potong menggunakan pisau atau bisa menggunakan choper dan mesin daging giling bakso.

Cara Mengolah Daging Kambing

1. Singkirkan Lemaknya

Sebagian besar aroma prengus pada daging kambing berasal dari lapisan lemak yang menempel di daging. Anda bisa meniru cara yang direkomendasikan Livestrong untuk mengatasinya.

Buang lemak berlebih yang menempel pada daging dengan mengirisnya. Agar lebih mudah, dinginkan dulu daging kambing di dalam lemari es. Jika lapisan lemak sudah beku, Anda bisa mengirisnya dengan lebih mudah.

2. Jangan Dicuci

Normalnya daging harus dicuci bersih dahulu sebelum dimasak. Tetapi kalau Anda melakukan ini terhadap daging kambing, tekstur daging akan jadi lebih alot dan bau amisnya semakin tajam.

Sebaiknya Anda langsung merebus daging kambing dalam keadaan tak dicuci. Buang air rebusan kambing, setelah itu olah daging seperti biasa.

3. Taburi Garam

Kalau daging kambing yang Anda dapatkan sudah terlanjur dicuci, Anda bisa menambahkan taburan garam untuk menetralisir darah yang menyebabkan aroma tak sedap.

Balurkan garam ke seluruh permukaan daging, kemudian diamkan selama 1 jam. Cuci kembali daging kambing sebelum diolah.

4. Rebus Dengan Rempah-Rempah

Kalau anda lebih suka mencuci daging lebih dulu, sebaiknya rebus daging kambing yang sudah dicuci dengan campuran rempah-rempah berbau harum seperti daun jeruk, jahe, serai, dan kemangi.

5. Baluri Dengan Parutan Nanas

Getah nanas yang tajam juga bisa dimanfaatkan untuk melunakkan daging kambing yang alot. Selain itu juga bisa membantu mengatasi aroma amis daging. Lumuri daging kambing mentah dengan parutan nanas, kemudian diamkan selama setengah jam. Setelah itu baru olah seperti biasa.

Manfaat Daging Kambing

Dengan teknik pengolahan yang tepat daging kambing akan memeberikan sejumlah manfaat kesehatan berikut:

1. Mencegah Kanker

Daging kambing mengandung CLA (Conjugated Linoleic Acid) atau asam lemak yang dikenal mampu mencegah kanker dan meminimalisir risiko peradangan. Selain itu, kandungan selenium dan klorin dalam daging kambing juga membantu kita untuk meminimalisir risiko terkena penyakit kronis ini.

2. Anti Inflamasi

Daging kambing mengandung zat anti-inflamasi. Oleh karena itu, mengonsumsinya bisa menghambat peradangan di pembuluh darah dan menstabilkan detak jantung.

3. Membakar Lemak

Daging kambing kaya akan vitamin B yang membantu tubuh membakar lemak. Selain itu, daging kambing juga rendah lemak jenuh dan tinggi protein sehingga cocok dikonsumsi saat diet.

4. Mencegah Anemia

Mengonsumsi daging kambing membantu mencegah anemia, khususnya untuk ibu hamil dan wanita menstruasi. Daging kambing juga membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah bayi cacat lahir. Baca juga: Stres Bisa Memicu Rambut Rontok, Begini Cara Mengatasinya

5. Meningkatkan Kesehatan Mental

Kandungan vitamin B12 dalam daging kambing membantu meredakan stres dan depresi.

6. Mencegah Stroke Dan Gangguan Ginjal

Daging kambing juga tinggi asam lemak Omega 3 namun rendah kalium dan natrium. Itu sebabnya, mengonsumsi daging kambing membantu mencegah penyakit ginjal dan stroke.

7. Menjaga Kesehatan Tulang

Daging kambing mengandung kadar kalsium yang tinggi yang membantu mendukung pertumbuhan tulang.

Olahan Daging Kambing Kecap

Bahan-bahan :

  • 500 gram daging kambing
  • 2 lembar daun jeruk
  • I batang serai geprek

Bumbu Halus :

  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 biji kemiri
  • 2 buah cabe rawit
  • Secukupnya merica
  • Secukupnya kecap
  • 2 lembar daun jeruk

Langkah-langkah :

  1. Bersihkan daging kambing. Lalu potong potong dengan pisau atau bisa juga menggunakan mesin penggiling daging
  2. Haluskan bumbu-bumbu
  3. Tumis bumbu sampai harum.
  4. Masukkan daging. Lalu aduk.
  5. Tambahkan air secukupnya. Masak sampai daging empuk
  6. Bila sudah tinggal sedikit kuahnya, tuang kecap.
  7. Aduk. Masak sampai kuah menyusut

Itulah tadi pembahasan tentang olahan daging kambing kecap. Jika ingin menggunakan daging sapi, bisa mencoba resep daging giling sapi berupa bistik maupun bakso daging sapi. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba