Reed

Olahan Daging Kerbau Yang Lezat Dan Praktis Dibuat

0
Posted in Uncategorized By Bliguld

Tidak banyak yang tahu olahan daging kerbau, yang banyak orang tahu adalah olahan daging sapi, kambing, ataupun ayam karena memang tiga daging itu merupakan yang terfavorit untuk olahan daging.

Daging Kerbau

Daging kerbau merupakan sumber protein yang tinggi dan mampu mengalahkan kandungan protein pada daging sapi. Selain kaya akan kandungan protein, daging ini mengandung vitamin B1 dan asam lemak yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Dari kandungan nutrisi yang dimiliki daging kerbau maka tak heran bila dagingnya dapat dimanfaatkan bagi kesehatan tubuh kita.

Manfaat Daging Kerbau

1. Meningkatkan Masa Otot

Daging kerbau merupakan sumber protein tinggi mengalahkan kandungan protein dari daging sapi. Daging kerbau merupakan alternatif baik untuk dikonsumsi bagi para atlet yang ingin mendapatkan tubuh yang ideal dan juga berotot.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat makan daging kerbau di antaranya mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh karena kaya  akan kandungan zink. Maka dari itu bila rutin mengonsumsi daging kerbau maka sistem kekebalan tubuh kita akan kuat dan rentan terserang penyakit.

3. Menurunkan Kolesterol Jahat

Kandungan Omega 3 dalam daging kerbau sangat baik untuk meningkatkan High Density Lipoprotein (lemak sehat) dan mengurangi Low Density Lipoprotein (lemak jahat). Sehingga, para obesitas tak usah khawatir mengonsumsi daging yang satu ini karena kandungan Omega-3 mampu turunkan kadar kolesterol.

4. Mengendalikan Tekanan Darah

Selain menurunkan kolesterol jahat kandungan Omega-3 yang dimiliki daging kerbau juga berfungsi untuk mengendalikan tekanan darah agar tetap stabil dan normal.

5. Mencegah Kanker Payudara

Asam linoleat pada daging kerbau merupakan zat aktif untuk melawan sel kanker seperti kanker payudara. Selain itu omega-3 dalam daging kerbau juga mampu mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh.

6. Mencukupi nutrisi ibu hamil

Memakan daging kerbau merupakan nutrisi yang baik di saat kehamilan (ibu dan janin). Kandungan vitamin B12 sangat bagus untuk pertumbuhan otak janin dan kesehatan ibu yang sedang mengandung.

7. Mengatasi kanker prostat

Kanker prostat merupakan kanker yang berkembang biak dalam sistem reproduksi. Kanker prostat dapat terjadi ketika sel kanker tumbuh tidak terkendali dan akhirnya menyebar dari prostat ke bagian tubuh lainnya. Solusi terbaik untuk mengobati dan mencegah kanker prostat yaitu dengan rutin mengonsumsi daging kerbau.

8. Meningkatkan kemampuan kognitif

Kecerdasan akan meningkat jika tubuh mendapat asupan Omega-3 yang cukup. Kesehatan otak berpengaruh terhadap pertumbuhan membran sel yang baik. Maka dari itu, mengonsumsi rutin daging kerbau mampu meningkatkan daya ingat kita.

9. Mengatasi masalah kulit

Protein dalam daging kerbau berfungsi menyembuhkan luka dengan cepat. Selain itu, daging kerbau mampu meregenerasi kulit dan mengatasi beberapa masalah kulit. Kita dianjurkan untuk mengonsumsi daging yang satu ini karena mampu menjaga kesehatan dan mampu melawan berbagai macam penyakit.

10. Mencegah penyakit stroke

Dengan mengonsumsi daging kerbau yang kaya Omega-3 dapat mencegah dan mengurangi risiko pembekuan darah. Maka dari itu, orang yang mengonsumsi daging kerbau akan terhindar dari penyakit stroke.

Perbedaan Daging Kerbau Dengan Daging Sapi

1. Warna Daging

Daging sapi memiliki warna merah pucat, sedangkan daging kerbau memiliki warna merah pekat yang cenderung agak gelap

2. Serat Daging

Daging Sapi memiliki serat yang lebih halus, sedangkan daging kerbau memiliki serat yang kasar dan terlihat jelas

3. Tekstur

Tekstur daging kerbau lebih liat dibandingkan dengan tekstur daging sapi yang lebih empuk.

Olahan Daging Kerbau

Daging Kerbau Kecap

Bahan-bahan :

  • 700 gr daging kerbau
  • 8 siung bawang putih
  • 6 siung bawang putih
  • 2 sendok makan minyak
  • Air asam jawa 1 sendok makan
  • 6 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok teh garam
  • kaldu sapi 1 sendok teh
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 2 buah daun jeruk
  • Secukupnya air

Langkah-langkah :

  1. Potong daging kecil-kecil kemudian cuci bersih sisihkan.
  2. Iris bawang merah dan bawang putih kemudian tumis dengan 2 sendok makan minyak sampai harum.
  3. Masukan daging sambil diaduk hingga berubah warna kemudian beri air aduk tutup biarkan hingga air menyusut dan daging empuk.
  4. Tambahkan air lagi, beri garam, gula, kaldu, air asam jawa, kecap, dan daun jeruk biarkan sampai empuk
  5. Jika masih belum empuk beri air lagi yang cukup tutup biarkan hingga empuk tes rasa lalu angkat.
  6. Sajikan

Selain dijadikan resep daging kerbau kecap, daging kerbau bisa digiling menggunakan choper dan mesin daging giling bakso yang kemudian diolah menjadi resep buncis daging cincang yang tidak kalah enak. Selamat mencoba.