Reed

Manfaat Dari Pelepah Pisang Untuk Kesehatan Tubuh

0
Posted in Uncategorized By Bliguld

Assalamualaikum temen temen, kembali lagi disini. Jadi, kali ini kita akan membahas apa saja Manfaat Dari Pelepah Pisang yang dapat kita ambil. Untuk lebih jelas dan lengkapnya, Yuk simak penjelasan di bawah ini dengan seksama dan jangan sampai ada yang terlewat ya.

Definisi Pelepah Pisang

Tanaman pisang merupakan tumbuhan berbatang basah yang besar, biasanya mempunyai batang semu yang tersusun dari pelepah-pelepah daun. Tangkai daun jelas beralur pada sisi atasnya, helaian daun lebar dan memanjang.

Terkenal dengan buah-buahannya yang enak dan kaya manfaat, itulah yang membuat tanaman pisang begitu digemari oleh masyarakat Indonesia. Tidak hanya buahnya yang bermanfaat, ternyata batang pisang juga kaya manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Secara umum batang pisang hanyalah limbah pertanian yang tidak menarik perhatian masyarakat. Namun belakangan ini, banyak orang yang mulai menyadari manfaat batang pisang dan mengubahnya menjadi obat alami untuk menyembuhkan luka dan mencegah penyebaran bakteri ke seluruh tubuh.

Batang pisang mengandung senyawa kimia seperti saponin, tanin, dan flavonoid. Diketahui bahwa senyawa tersebut memiliki fungsi dalam bidang kedokteran. Sedangkan jus pisang mengandung saponin, antakruinon, dan kuinon yang memiliki sifat antibakteri dan dapat digunakan sebagai hand sanitizer. Selain itu, masih banyak manfaat yang bisa Anda rasakan dari pelepah pisang.

Manfaat Dari Pelepah Pisang

1. Obat Diabetes

Batang pisang yang pertama memiliki khasiat yaitu dapat menjadi obat diabetes. Anda bisa membuat jus darinya, yang mengatur kadar insulin dalam tubuh. Makanya, sangat bermanfaat untuk mengobati diabetes. Kandungan serat pada batang pisang dapat mencegah kadar gula darah naik.

2. Menyembuhkan Anemia

Manfaat batang pisang selanjutnya adalah dapat menyembuhkan anemia. Jus batang pisang tinggi zat besi dan vitamin B6, yang meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.

Kandungan inilah yang membuat jus pisang menjadi bagian penting dari menu makanan bagi penderita anemia.

3. Mengatur Tekanan Darah

Batang pisang juga bisa digunakan untuk mengatur tekanan darah. Karenanya, batang pisang sangat bermanfaat bagi penderita tekanan darah tinggi. Minum jus dari bagian empuk batang pisang dapat membantu menurunkan dan mengatur tekanan darah.

4. Pembersih Tangan Alami / Hand Sanitizer

Kesehatan adalah aspek terpenting dalam hidup. Salah satu cara termudah untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mencuci tangan secara hati-hati dengan air atau hand sanitizer ketika air tidak tersedia. Ada banyak pembersih tangan yang beredar dengan merek dan bahan yang berbeda.

Namun tahukah Anda jika jus pisang juga bisa digunakan sebagai hand sanitizer alami? Ini tak lain karena sari buah pisang mengandung saponin, antakruinon, dan kuinon yang bersifat antibakteri.

5. Membakar Lemak Perut

Menambahkan sedikit jahe ke dalam jus batang pisang dapat membantu membakar lemak perut yang membandel. Pasalnya, kombinasi bahan-bahannya bisa membantu meningkatkan pencernaan dan metabolisme.

Selain itu, jus pisang juga dikenal tinggi serat sehingga Anda bisa merasa kenyang lebih lama.

6. Menurunkan Berat Badan

Manfaat batang pisang tidak kalah pentingnya. Jus pisang tidak hanya membakar lemak di perut, tetapi juga memiliki efek positif pada penurunan berat badan secara keseluruhan.

Tak lain, karena jus pisang bisa membuat BAB lebih mudah dan menjaga kesehatan perut. Serat memperlambat pelepasan gula dan lemak ke dalam aliran darah dan membantu menghilangkan lemak dari tubuh.

7. Membersihkan Saluran Kemih

Selanjutnya, jus pisang juga bersifat diuretik sehingga dapat membersihkan racun dan membersihkan saluran kemih. Minum jus batang pisang setidaknya tiga kali seminggu dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih.

Selain itu, pelepah pisang juga dapat dibuat menjadi sebuah kerajinan tangan. Tapi kerajinan bukan hanya dari pelepah pisang. Ada kerajinan dari tali rafia, tali kur, sedotan, kardus, dan masih banyak lagi.

Tali sabut kelapa, adalah salah satu kerajinan dari sabut kelapa. Proses pembuatannya menggunakan mesin pemintal tali sabut kelapa. Demikian penjelasan mengenai Manfaat Dari Pelepah Pisang. Semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih.