Reed

Pengertian Ping,Smtp,Tracert,Mrtg

0
Posted in Uncategorized By Bliguld

PING

PING singkatan berasal dari Packet Internet Gropher, secara pengertian PING adalah sebuah program utilitas yang digunakan untuk memeriksa konektivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP).

Dengan memakai utilitas ini, sanggup diuji apakah sebuah komputer terhubung bersama komputer lainnya. Hal ini dijalankan bersama langkah mengirim sebuah paket kepada alamat IP yang hendak diujicoba konektivitasnya dan menunggu respons darinya. Nama “PING” berasal berasal dari sonar sebuah kapal selam yang sedang aktif, yang kerap mengeluarkan bunyi PING dikala menemukan sebuah objek.

Fungsi dan Kegunaan berasal dari aplikasi PING adalah:

1.Untuk mengecek troubleshooting pada jaringan komputer

Contoh untuk terhubung PING ke http://www.Google.com:
A. Klik Start menu windows => klik run.

Lalu Ketikkan cmd klik ok,
Ketikkan : ping http://www.google.com. dan mucul tulisan (layar hitam Command Prompt) seperti di bawah ini :
Pinging http://www.l.google.com [64.233.181.104] with 32 bytes of data:

Reply from 64.233.181.104: bytes=32 time=103ms TTL=53
Reply from 64.233.181.104: bytes=32 time=105ms TTL=53
Reply from 64.233.181.104: bytes=32 time=104ms TTL=53
Reply from 64.233.181.104: bytes=32 time=102ms TTL=53

Ping statistics for 64.233.181.104:
Packets: Sent = 4, Received = 4, Lost = 0 (0% loss),
Approximate round trip times in milli-seconds:
Minimum = 102ms, Maximum = 105ms, Average = 103ms

SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)

SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) merupakan tidak benar satu protokol yang umum digunakan untuk pengiriman surat elektronik di Internet. Protokol ini dipergunakan untuk mengirimkan data berasal dari komputer pengirim surat elektronik ke server surat elektronik penerima. Protokol ini timbul gara-gara desain sistem surat elektronik yang mengharuskan ada server surat elektronik yang menampung sementara hingga surat elektronik disita oleh penerima yang berhak.

Fungsi SMTP adalah suatu protokol yang umum digunakan untuk pengiriman surat elektronik atau e-mail di Internet. Protokol ini memakai untuk mengirimkan data berasal dari komputer pengirim surat elektronik ke server surat elektronik penerima
PENJELASAN Traceroute (Tracert)

Traceroute (Tracert) adalah perintah untuk tunjukkan rute yang dilalui paket untuk raih tujuan. Ini dijalankan bersama mengirim pesan Internet Control Message Protocol (ICMP) Echo Request Ke obyek bersama nilai Time to Live yang makin lama meningkat. Rute yang ditampilkan adalah daftar interface router (yang paling dekat bersama host) yang terkandung pada jalan antara host dan tujuan. Berikut adalah contohnya:
CD:\Documents plus Settings\administrator>tracert


PENJELASAN MRT

MRTG adalah sebuah tool yang digunakan oleh seorang admin jaringan untuk memonitoring trafik pada jaringan. Penggunaan MRTG ini nantinya membuahkan halaman HTML yang memuat gambar yang sedia kan visualisasi secara langsung mengenai kondisi trafik jaringan agar sanggup membantu administrator jaringan di dalam memantau kondisi jaringannya.

Cara Kerja MRTG

Data hasil logging olah MRTG disimpan dlam file ASCII, file ini dapat ditulis ulang setiap
lima menit sekali sesuai bersama update yang dijalankan oleh MRTG dan secara instant digabungkan dan dianalisis agar file logging selanjutnya membesarnya terkendali.

File logging selanjutnya hanya digunakan untuk menyimpan data yang dibutuhkan untuk menggambar pada halaman web. Grafik ini dikonversi ke format GIF berasal dari format PNM memakai tool pnmtogif. Konfigurasi ini yang sebabkan MRTG terbatas untuk memonitor lebih kurang dua puluh router berasal dari workstation.Kendala lain yang terlalu potensial bagi user adalah adalah tool smnpget berasal dari package CMU SNMP yang dibutuhkan oleh MRTG untuk menghimpun data.

Manfaat Penggunaan MRTG

Mungkin kamu dapat mempertanyakan faedah berasal dari pemanfaatan MRTG dibandingkan bersama tool monitoring lainnya (khususnya untuk platform Windows).

Sebenarnya keunggulan berasal dari MRTG adalah berasal dari segi kesederhanaan dan fungsionalitasnya. MRTG sanggup dikonfigurasikan bersama ringan untuk memantau pemanfaatan bandwidth di dalam suatu interface yang membantu SNMP.

Anda juga sanggup memantau peningkatan traffic di dalam beraneka skala (daily, rata-rata tiap tiap 5 menit), hingga skala tahunan. Anda sanggup bersama ringan lihat jikalau ada lonjakan traffic yang menandakan ada suatu hal yang tidak beres di dalam jaringan.

Adanya worm ataupun trojan yang biasanya pengaruhi traffic upload sanggup dideteksi bersama lihat grafik upload yang dihasilkan oleh MRTG. Integrasi bersama website server juga memudahkan Administrator untuk melakukan pemantauan berasal dari jarak jauh, tanpa mesti melalui sistem otentifikasi.

Contoh system operasi yang sanggup diinstall bersama MRTG : Unix, Linux, dan Windows (95/98 dan NT). Asalkan di dalam sebuah workstation mempunyai SNMP, maka workstation selanjutnya bias dilihat trafiknya.Contoh-contoh model jaringan yang sanggup diimplementasikan :

1.Jaringan LAN biasa
2. Jaringan LAN bersama router dan terintegrasi bersama internet
3.Jaringan LAN bersama switch dan terintegrasi bersama internet