Reed

Cara Merawat Marmut Bagi Pemula

0
Posted in Uncategorized By Bliguld

Mari kita simak beberapa hal dasar dalam merawat marmot.
Guinea pig adalah salah satu hewan peliharaan yang menggemaskan karena tubuh mungil dan wajah mereka yang imut. Hewan pengerat ini bahkan memiliki tubuh yang lebih kecil dari kelinci, sehingga sering dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah. Jika Anda tertarik untuk memelihara marmot, maka ada beberapa cara perawatan marmot yang harus Anda ketahui.

Hai teman-teman, apa kabar guys, pada kesempatan kali ini saya ingin mengulas cara merawat marmot pemula dan ada beberapa tips cara merawatnya dengan benar.
Guinea pig adalah hewan yang tidak membutuhkan perawatan khusus atau khusus. Meski begitu, Anda harus mengetahui beberapa hal mendasar dengan 9 cara merawat marmot berikut ini!

Berikut Cara Untuk Merawat Bagi Pemula

  1. Siapkan kandang
    Cara merawat marmot yang pertama adalah dengan menyiapkan kandang yang nyaman. Kandang sendiri sangat penting untuk pertumbuhannya karena akan menjadi tempat tidur, tempat makan, dan tempat berkembang biak.
    Jika Anda memelihara 1 marmot, siapkan kandang yang berukuran 0,7 meter persegi tetapi jika lebih dari satu maka lebarkan setiap sisi kandang. Pastikan kandang memiliki lantai yang dilapisi kertas, serpihan kayu, atau aspen agar jeruji kandang tidak menjepit kakinya.
  2. Brankas Bebas Tempat Tidur
    Sebagai hewan pengerat, marmot sering menggigit sesuatu di sekitarnya. Oleh karena itu, gunakan bahan yang aman untuk kandang dan bedengan agar hewan tersebut tidak keracunan. Anda dapat menggunakan kain bersih, karton, atau kertas sebagai alas tidur dan sangkar kayu atau logam yang tidak berkarat.
  3. Lokasi kandang
    Selain nyaman, lokasi penempatan kandang juga penting lho. Pastikan kandang ditempatkan di ruangan beratap. Hal ini akan memberikan kesan berada dekat dengan Anda dan marmot sehingga hewan ini tidak stres.
  4. Makanan
    Berikan marmot Anda makanan bergizi setiap hari, yang bisa Anda beli di toko pakan. Selain itu, Anda juga disarankan untuk memberikan makanan tambahan berupa sayuran hijau, seperti kangkung hingga selada. Selain lalapan, berikan juga irisan buah-buahan seperti anggur atau apel sebagai selingan.

Ada beberapa makanan marmot yang baik tersedia untuk mereka, termasuk sayuran berdaun hijau. Pilih sayuran yang mengandung nutrisi seperti vitamin C. Sayuran ini antara lain seledri, wortel, tomat, ketimun, kangkung, jagung, bayam, brokoli, dan kacang polong. Untuk buahnya, Anda bisa memberi marmot apel atau stroberi. Sediakan rumput atau jerami atau rumput yang sudah dipangkas dengan mesin pencacah rumput multifungsi agar mudah dicerna marmut.

  1. Air Minum
    Selain dari makanan, minuman juga penting agar marmot tidak mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, sediakan air bersih untuk minum marmot dengan wadah air dan tempelkan di dalam kandang.
  2. Sediakan sedotan
    Tak hanya makanan dan minuman, Anda juga perlu menyediakan jerami di kandang marmot. Jerami ini sering digunakan sebagai sarang dan makanan ringan oleh marmut.
  3. Vaksinasi
    Hal yang perlu diperhatikan dalam memelihara marmot adalah vaksinasi. Vaksin tentu penting untuk menghindari berbagai penyakit. Bawalah hewan ini ke dokter hewan untuk mendapatkan vaksinasi.
  4. Membersihkan Tubuh dan Rambut
    Tentunya Anda harus memperhatikan kebersihan tubuh marmot yang ditumbuhi rambut. Oleh karena itu, mandikan marmot secara lembut dengan membelai bulunya secara lembut.
    Setelah memandikannya, pastikan Anda segera mengeringkannya agar tidak sakit. Kemudian, sisir bulunya agar tidak kusut dan terhindar dari kutu.
  5. Menjaga Kebersihan Kandang
    Selain tubuh, kandang juga harus sering dibersihkan untuk menjaga kesehatan marmot. Bersihkan sela-sela dan dasar kandang, pastikan tidak ada kotoran dan sisa makanan. Pembersihan kandang bisa Anda lakukan seminggu sekali, namun Anda perlu sering-sering memeriksanya untuk memastikan sudah bersih.
    Itulah beberapa cara merawat marmot yang baik dan benar. Selain beberapa cara di atas, Anda juga bisa memberikan asupan tambahan, seperti vitamin C untuk membantu daya tahan tubuhnya. Semoga berhasil!
    Sekian dari saya, jika kurang dan lebihnya, saya mohon maaf. Terima kasih dan semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.