Reed

Regulator Gas Mesin Las GTAW (TIG)

0
Posted in Uncategorized By Bliguld

Regulator Gas Las GTAW (TIG), Jenis dan Cara Perawatan Regulator Gas. Regulator gas adalah katup pengatur tekanan atau kuantitas aliran (debit) untuk sistem instalasi pengaliran gas, kendati berbeda-beda terhadap nilai tekanan isinya (sisi inlet), tapi regulator dapat memastikan bahwa terhadap sisi keluaran (output), tidak dapat melampaui tekanan atau kuantitas keluaran spesifik yang sudah ditetapkan/diatur sesuai kebutuhan.

Ada dua macam regulator gas pelindung untuk menyesuaikan kuantitas gas yang digunakan didalam pengelasan yaitu dengan sistem Flow Meter Tokico 2 Inch batasan debit gas yang dikeluarkan ditunjukkan dengan jarum terhadap manometer kerja (analog), dan dengan sistem katup (regulator gelas pengukur), batasan debit gas yang dikeluarkan ditunjukkan dengan bola apung.


Cara kerja (operasional) regulator dengan manometer

Setelah regulator terpasang terhadap botol gas, sebelum akan katup botol dibuka kudu dipastikan bahwa sekrup penyetel aliran gas (4) didalam suasana kendor/bebas. Kemudian buka katup botol, maka gas bertekanan dari botol mengalir ke regulator dan menjalankan jarum penunjuk terhadap manometer tekanan isi yang mengindikasikan berapa tekanan isi botol.


Pastikan kerapatan koneksi regulator dan botol. Selanjutnya setel kuantitas debit gas yang di idamkan lewat sekrup penyetel aliran gas, maka jarum terhadap manometer kerja (2) bergerak ke angka yang diinginkan. Untuk ke pemakaian, buka katup penutup (4) maka gas mengalir ke pembakar las.

Cara kerja regulator Gas dengan gelas pengukur

Pada mulanya cara kerja regulator dengan gelas pengukur mirip dengan regulator dengan manometer. Pada regulator style ini, penyetelan debit gas tidak lewat sekrup penyetel, tapi lewat katup pengatur (3).

Dengan membuka katup pengatur, gas mengalir mendorong bola apung didalam gelas pengukur dengan ketinggian bola mengapung berbanding lurus dengan pembukaan katup pengatur. Dengan demikianlah debit aliran gas dapat dibaca dan diatur terhadap angka berapa bola mengapung.

Perawatan regulator gas GTAW (TIG)

Perawatan regulator gas yang dibutuhkan adalah:

Kondisinya kudu dijaga didalam suasana senantiasa bersih dan kering.
Menjaga regulator untuk tidak jatuh.
Meskipun peralatan ini terlampau kuat tapi ada bagian yang terbuat dari gelas yang enteng pecah, dan bagaimanapun perlu kontrol rutin, penjadwalan kontrol terlampau bergantung terhadap intensitas pemakaian peralatan (sering , normal, atau kadang-kadang).


Mengoperasionalkan dengan prosedur yang benar, antara lain mebersihkan bagian katup botol gas sebelum akan memasang regulator dengan cara membuka katup botol seketika untuk mengeluarkan kotoran yang melekat di mulut botol (3 – 5x), saat pemasangan memastikan mur pengikat regulator ulirnya masuk dengan benar ke konektor di botol gas, mengencangkan maupun membuka mur pengikat dengan alat yang tepat, menjalankan penyetelan dengan tidak tergesa-gesa, dst.


Tidak dibenarkan mengganti sebuah komponenpun dari bagian mekanik regulator gas, sebab sebagai alat ukur kudu memenuhi syarat kalibrasi.
Dalam suasana tidak digunakan terlampau disarankan untuk dilepas dari botol gas, dibersihkan didalam suasana kering, dan disimpan terhadap tempat yang aman.